Esports

Kehadiran Si Buta dari Gua Hantu dan 5 Info Terbaru Gim Lokapala!

Michael
16/07/2021 19:12 WIB
Kehadiran Si Buta dari Gua Hantu dan 5 Info Terbaru Gim Lokapala!
Lokapala x Bumilangit Hadirkan Si Buta dari Gua Hantu!

Legenda atau kisah asli asal Indonesia memang selalu menarik untuk diangkat kisahnya. Melon Indonesia berkolaborasi dengan Bumilangit Entertainment menghadirkan karakter Si Buta dari Gua Hantu sebagai salah satu Ksatriya dalam game asli buatan anak bangsa, Lokapala.

Tak sekedar menjadi karakter dalam game Lokapala, hadirnya Si Buta dari Gua Hantu juga menjadi bukti komitmen untuk mengembangkan kekayaan intelektual (Intellectual Property) asli Indonesia (lokal). Dengan hadirnya Si Buta dari Gua Hantu sebagai Ksatriya di gim Lokapala, diharapkan dapat membuat industri kreatif Indonesia dapat maju bersama-sama menjadi lebih baik dan juga sebagai sarana untuk pengembangan serta penambah khazanah kekayaan intelektual Indonesia ke depan.

Yamisok Nobar

Tampilan Barda Si Buta dari Gua Hantu dalam game Lokapala

Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia mengungkapkan “Banyak request dari komunitas Gamers, bahwa mereka ingin sekali karakter asli Indonesia masuk ke Gim Lokapala dan kami melihat ini sebagai potensi kerjasama yang apik dengan Bumilangit karena Si Buta dari Gua Hantu ini sendiri juga belum pernah dijadikan sebagai karakter dari gim manapun”.

Untuk kalian yang belum tahu, Si Buta dari Gua Hantu merupakan karakter utama dari serial komik silat paling fenomenal di Indonesia berjudul “Si Buta dari Gua Hantu”. Serial komik yang pertama kali dirilis pada tahun 1967 ini diciptakan oleh Ganes TH dan sudah tercetak hingga 500 ribu eksemplar. Tak hanya sekedar komik, Si Buta dari Gua Hantu juga diangkat menjadi 7 film layar lebar dan 2 serial televisi, membuktikan betapa fenomenal kisahnya.  

Bismarka Kurniawan, selaku Founder dan CEO Bumilangit Entertainment mengungkapkan, “Diangkatnya Si Buta dari Gua Hantu dalam permainan besutan asli Indonesia, Lokapala, menjadi suatu momentum bahwa karakter asli lokal Indonesia seperti Si Buta dari Gua Hantu sudah dapat digunakan oleh para fans pencintanya dalam bentuk permainan digital yang mutakhir”.

Ivan Chen selaku CEO PT Anantarupa menjelaskan, “Sejak awal Anantarupa mengembangkan konsep universe Lokapala supaya bisa berkolaborasi dengan IP lokal, tujuan kami adalah bagaimana IP local bisa tumbuh bersama-sama dan saling menguatkan, di tengah-tengah bombardier industry IP asing yang semakin banyak. Kehadiran Si Buta dari Gua Hantu ke dalam Svaka Lokapala adalah salah satu wujud dari visi kami, semoga dengan ini ekosistem industri IP/konten di Indonesia semakin berkembang sehingga industry IP local dapat menjadi tuan di negeri sendiri”.

Press Conference yang berlangsung kemarin (15/7), juga memberikan beberapa info penting seputar gim Lokapala dan Bumilangit.

1. Event Legenda Ular Sakti
Sebuah event seru tentu sudah menanti menyambut kehadiran Si Buta dari Gua Hantu. Lokapala mengadakan event bertajuk “Legenda Ular Sakti” yang berlangsung pada tanggal 15 – 28 Juli 2021. Beragam hadiah menarik bisa kalian dapatkan termasuk juga kesempatan mencoba karakter terbaru Si Buta dari Gua Hantu.

2. Rumor Bakal Dipertandingkan dalam PON 2021 Papua
Menurut Pak Dedi Suherman, memang ada komunikasi dengan PB ESI dan juga KONI terkait dengan rencana PON di Papua mengenai keikutsertaan Lokapala nantinya. Namun, dalam kondisi COVID yang sekarang ini, kita belum tahu kepastiannya. Jika ada kesempatan kami tentu sangat berminat untuk hadir di sana.

3.Ekspansi Lokapala ke Negara Lain
“Saat ini memang Lokapala baru ada di Indonesia, namun sudah ada beberapa offer dari negara lain.Bulan depan kita sudah memasuki Alpha Test di India tapi dengan judul lain. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa owngrown di Asia Tenggara, sehingga di tahun depan kita bisa ada kompetisi skala regional,” ungkap Ivan Chen.

4. Kolaborasi Lokapala x Bumilangit Jadi Momentum IP Lokal
Menurut Agung Rachmawan, VP Licensing and Merchandising Bumilangit, “Dengan sudah dirilisnya game ini ke publik, tentunya akan ada audiensi dengan kementerian bagaimana kita berkolaborasi untuk mempromosikan game ini. Harapannya kita bisa menjadikan game ini menjadi tuan rumah di negara kita sendiri. Lokapala menjadi salah satu leadernya di awal ini membuat suatu game lokal dengan karakter lokal.”

5. Skill Si Buta dari Gua Hantu

Si Buta dari Gua Hantu memiliki tiga buah skill yang mematikan, yakni, Topeng Monyet, dengan melemparkan Kliwon untuk memberikan damage dan efek slow ke musuhnya, Mata Malaikat yang memungkinkan Barda berpindah ke dekat musuh sekaligus meningkatkan attack speed, dan ultimate Tiga Sekali Tebas yang sangat mematikan menerjang hingga tiga kali ke depan lawan dengan membentuk segitiga dan memberikan efek damage yang sangat besar.  Karakter ini juga dilengkapi skill pasif Batu Berbalas Bumi yang memungkinkan Barda untuk bisa melihat musuh yang bersembunyi dalam semak-semak selama beberapa waktu.

 

Latar Belakang Kisah Si Buta dari Gua Hantu

Cerita Si Buta dari Gua Hantu sendiri dilatarbelakangi oleh sosok pria bernama Barda Mandrawata yang terpaksa membutakan kedua matanya agar dapat membalaskan dendam kematian ayah dan tunangannya yang terbunuh di tangan Mata Malaikat. Dalam petualangannya ke berbagai pelosok Nusantara, ia ditemani monyetnya yang setia, Wanara atau dikenal juga dengan Kliwon.

Kini, setelah lebih dari 50 tahun sejak perilisan pertamanya, Si Buta dari Gua Hantu kembali dilanjutkan dan diangkat oleh para kreator muda yang sudah berkiprah di dunia internasional menjadi, antara lain, film layar lebar yang masuk ke dalam Jagad Sinema Bumilangit, komik digital, dan gim. Dan bertepatan dengan peringatan hari kelahiran Ganes TH di bulan Juli ini, karakter Si Buta dari Gua Hantu sebagai sosok sang jawara dipanggil oleh Ancient Ones untuk bertarung bersama Ksatriya lainnya dalam dunia Lokapala.

Gimana Sobat Esports, penasarankan ingin nyobain Si Buta dari Gua Hantu di game Lokapala? Yuk, langsung aja login dan ajak teman-teman kalian biar tambah seru! Dapatkan juga info terbaru mengenai Lokapala dan Bumilangit.