Kaleidoskop Esports 2020 Part 3

Rendy Lim
30/12/2020 13:44 WIB
Kaleidoskop Esports 2020 Part 3
Mana momen esports favoritmu di bulan Juli hingga September 2020?

Pada bagian ketiga Kaleidoskop Esports 2020 ini kita akan membahas momen-momen menarik yang terjadi di bulan Juli hingga September 2020. Ada kolaborasi, selebrasi kemenangan tim-tim Indonesia di berbagai kompetisi dalam dan luar negeri, hingga isu-isu seputar esports. 

Kira-kira apa saja yah momen penting esports di bulan Juli, Agustus, dan September 2020? Yuk kita simak bersama Sobat Esports!

  • Juli 2020

RRQ Hoshi Juarai MPL Invitational 

RRQ Hoshi tetap menjada momentum kemenangan mereka di tahun 2020 dengan menjuarai MPL Season 5 sekaligus diikuti dengan MPLI. Rekor kemenangan 100% juga berhasil dijaga oleh Lemon cs dalam kompetisi ini, menumbangkan rival dalam negeri mereka mulai dari EVOS Esports, hingga Resurgence harus angkat tangan tak mampu membendung kekuatan RRQ Hoshi.

Garena Free Fire Umumkan Kolabirasi Bareng Netflix Money Heist

Salah satu kolaborasi terbesar Free Fire tahun ini adalah menggandeng layanan media streaming digital, Netflix. Kerjasama ini menghadirkan kostum bertema Money Heist serta mini game dengan gameplay unik. Siapa nih Sobat Esports yang sudah mencoba dan mengumpulkan kostum dari kolaborasi ini?

ION Esports Jawara PINC 2020

ION Esports berhasil mengalahkan jawara PINC tahun lalu, EVOS Esports, menempatkan pasukan Harimau tersebut di urutan kedua. Atas keberhasilan ini, ION Esports berhasil membawa pulang hadiah sebesar 180 juta Rupiah serta tambahan 28 juta Rupiah berkat torehan 2 kali chicken dinner. Meski berada di peringkat 2, EVOS mendapatkan titel Terminator lewat Lyzerg yang mengumpulkan 33 kill. 

IESPA dan LPDUK Jalin Kolaborasi Kembangkan Esports

Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora kembali menjalin kerjasama Indonesia Esports Association (IESPA) dalam pengelolaan dana dan usaha keolahragaan. Hal ini demi mendorong potensi olahraga esports yang kian populer tak terkecuali di masa pandemi.

IESPA bersama LPDUK menambah panjang deretan kerjasama dengan badan-badan pemerintah. Misalnya, belum lama ini, MoU kerjasama pengelolaan dana dan usaha olahraga juga ditandangani LPDUK dengan Federasi Olahraga Petanque (FOPI), menyusul PB ISSI, PB Kurash, Persambi, PDBI (Drumband), PSSI, PP IMI, Perbasi dan lain-lain.

  • Agustus 2020

Bigetron RA Juarai PMWL East 2020

Bigetron Red Aliens kembali membanggakan Indonesia usai menjuarai PMWL East 2020 (PUBG Mobile World League). Tim yang beranggotakan anak ajaib Zuxxy, Luxxy, Microboy dan Ryzen ini jadi satu-satunya perwakilan tanah air di League Finals dan sukses menjaga reputasi juara dunia.

Empat hari pertarungan sengit di mana Bigetron baru bersaing ketat dengan RRQ Athena, OR Esports dan Box Gaming. Kejar-kejaran poin pun terjadi di hari kedua dan ketiga sampai akhirnya Bigetron konsisten menjaga posisi pertama klasemen.

Dua kali Chicken Dinner dan 113 kill Bigetron RA  berbuah poin terbanyak 287, disusul oleh OR Esports (278), RRQ Athena (276) dan Box Gaming (270). Hadiah sebesar 100.000 USD pun berhak dibawa pulang oleh Luxxy cs.

Persija Gelar Kompetisi dan Bentuk Tim Esports 

Pada Bulan Agustus, Persija Jakarta adalah salah satu tim sepakbola papan atas di Indonesia. Selain berkiprah di pentas olahraga nasional, kini tim berjuluk macan kemayoran mulai merambah ke ranah esports. Tim ini nantinya disiapkan untuk mengikuti turnamen Indonesia Footbal e-League.

Sebelum memperkenalkan tim esports barunya, Persija menggelar turnamen bertajuk 'Persija Road To IFeL'. Kejuaraan ini akan diikuti oleh 128 perwakilan Jakmania dan akan berlangsung 16-17 Agustus 2020 mendatang. Wah, banyak juga yah perkembangan di bulan Agustus kemarin.

Fortnite Hilang Dari App Store dan Google Play!

Fortnite, game battle royale besutan Epic Games ini pada bulan Agustus kemarin mengalami perselisihan dengan platform aplikasi Apple (App Store) dan Google (Google Play Store). Buntut panjang dari permasalahan ini membuat Fortnite tak lagi tersedia di kedua platform tersebut. Epic Games kemudian mengeluarkan tuntutan kepada dua perusahaan teknolodi tersebut Apple dan Google. 

Hal ini bermula saat Epic Games menghadirkan versi pembayaran berbeda untuk pembelian V-Bucks di Android dan Apple. Jika kamu langsung membayar via Epic Direct Payment, harga V-Bucks yang akan didapatkan lebih murah 20% (10 USD -> 8 USD). Diskon ini diberikan Epic Games agar para pemain tak lagi perlu membayar royalti kepada penyedia platfotm App Store dan Google Play. 

T10 Pecahkan Rekor Prize Pool Esports Terbesar

Menjelang akhir Agustus, prize pool turnamen terbesar DOTA 2, The International (TI10) berhasil menembus angka 34.33 juta USD. Pencapaian ini membuat TI10 berhak menyandang gelar sebagai turnamen esports dengan prize pool terbesar di dunia untuk saat ini. 

Sebelumnya, di tahun lalu, rekor prize pool terbesar di turnamen esports juga dipegang oleh DOTA 2 lewat TI9.Keberhasilan Valve dan komunitas DOTA 2 menembus angka 34.33 juta USD membuat TI menjadi kompetisi tahunan yang konsisten mengingkatkan rekor hadiahnya terus menerus.

  •  September 2020

 EVOS Esports Juarai IGC Free Fire Finals 2020

Memasuki bulan September, EVOS Esports berhasil meraih prestasi dalam ajang Indonesia Games Championship yang diadakan oleh Dunia Games. Turnamen yang memiliki total hadiah hingga 1,6 miliar Rupiah ini mengadakan kompetisi di beberapa game seperti League of Legends, Call of Duty: Mobile, Arena of Valor, dan Free Fire.

EVOS Esports berhasil keluar sebagi juara di divisi Free Fire dengan berbekal 5 Booyah dan selisih perolehan poin yang masif hingga dominasi sepanjang pertandingan, pasukan #EVOSROAR berhak mengangkat trofi IGC Free Fire Finals

Geek Fam Bubarkan Skuad DOTA 2, ini Rencana Xepher

Pasca kabar kalau Valve menunda bergulirnya musim Pro Circuit musim ini, banyak tim DOTA 2 yang membubarkan diri karena ketiadaan wadah kompetisi. Salah satunya organisasi esports asal Malaysia, Geek Fam. Meski punya kiprah yang cukup baik, Geek Fam terpaksa melepas pemain bintangnya, satu diantaranya adalah Kenny Deo alias Xepher, support andalan dari Indonesia.

Meski mengambil waktu istirahat beberapa saat, Xepher mengaku tetap akan mencari dan bergabung ke tim lain untuk berkompetisi di scene profesional DOTA 2. Saat ini, Xepher sudah tergabung di T1.

Juara ASL S4, EVOS Masih Tim AOV Terbaik Indonesia!

Menjelang akhir bulan September, Arena of Valor Star League (ASL) Season 4 berhasil menemukan juaranya. Puncak pertandingan yang mempertemukan EVOS Esports dan DG Esports terlihat didominasi oleh pasukan macan putih. Meski bertanding dengan format best-of-seven (BO7), DG Esports tak sekalipun dapat menumbangkan EVOS. 

Kemenangan sempurna yang dikantongi oleh Wiraww cs ini sekaligus menjadi trofi beruntun keempat EVOS Esports di ajang Arena of Valor Star League. Sayangnya, tak lama berselang kemenangan ini, divisi AOV EVOS harus bubar. 

Aerowolf Limax dan AURA Susul Bigetron RA ke PMPL SEA Finals!

Selebrasi kemenangan masih terasa di akhir bulan September. Babak grand final PUBG Mobile Pro League (PMPL) ID Season 2 telah menemukan juaranya. Tiga hari pertarungan sengit antar 16 tim akhirnya menempatkan dua pemuncak yang pantas untuk menemani Bigetron RA ke ajang PMPL SEA Finals. Mereka adalah Aerowolf Limax dan Aura Esports. 

Performa kedua tim ini di babak grand final patut diacungi jempol. Pasalnya, mereka bersaing bahkan menumbangkan banyak jagoan juara lain seperti ION Esports hingga sang jawara regular season Bigetron RA. Bahkan, saat ini Aerowolf Limax akan berjuang bersama Bigetron RA di Grand Final PMGC yang rencananya berlangsung di awal tahun 2021. 

Itu dia berbagai keseruan momen esports di bulan Juli hingga September 2020. Masih ada rekap kaleidoskop untuk bulan Oktober hingga Desember yang akan tayang besok. Mana nih momen esports favoritmu di tahun ini Sobat Esports?