Yamaha Desember

Kontes Fanart Overwatch League Picu Perdebatan Netizen di Twitter!

Dandesignlab
01/04/2022 12:00 WIB
Kontes Fanart Overwatch League Picu Perdebatan Netizen di Twitter!
Overwatch League

Kontes fanart pada Overwatch League telah diyakni menjadi target penghinaan para penggemar atas tindakan yang dianggap merugikan beberapa seniman dalam sejarah esports. Penggemar menunjukkan betapa buruknya persyaratan kontes serta sedikitnya total hadiah yaitu 500 USD, melalui media sosial pasca pengumuman tersebut diposting.

Persyaratan dalam kontes tersebut merujuk pada kebijakan Blizzard yang dapat menggunakan seluruh karya seni yang disubmit tanpa izin, kurangnya pembagian keuntungan, dan kontrak yang termasuk.

Article Banner IESF

Kontes fanart tersebut merupakan kesempatan bagi para artist untuk menampilkan karya seninya pada item tertentu yang akan tersedia di toko Overwatch League seusai kontes selesai. Meskipun belum jelas jenis barang apa yang akan dijual dari karya seni tersebut, tetapi Blizzard hanya menjanjikan keuntungan sebesar 500 USD dan tidak akan memberikan kompensasi tambahan bagi para seniman, tidak peduli seberapa baik barang tersebut dapat terjual.

Menurut aturan resmi kontes, Blizzard diizinkan untuk “mengedit, mengadaptasi, menerjemahkan, memodifikasi, menerbitkan, mereproduksi, mengeksploitasi, dan menggunakan Kiriman dengan cara apa pun di Situs Web, di Platform Sponsornya atau di saluran platform berbagi untuk iklan, dan tujuan promosi” selama dua tahun pasca karya seni itu diserahkan. Ini berarti bahwa siapa pun yang mengirimkan karya seni untuk kontes, terlepas dari apakah mereka pemenang atau tidak harus tunduk pada aturan tersebut. Mereka juga terikat pada arbitrase setelah mereka menyerahkan pekerjaannya yang merupakan ketentuan umum di banyak kontrak yang melarang pengadu untuk menggugat ke pengadilan.

Ini bukan pertama kalinya organisasi esports membentuk sebuah kontes semacam ini. Fnatic juga baru-baru ini mengadakan kontes serupa dengan hadiah yang lebih murah dan memicu kemarahan yang sama dengan Overwatch League sekarang.

Waduh, menurut kalian bagaimana nih sobat? komen pendapatmu ya!