Eksibisi PON Esports

Intel Grand Slam Mungkin Bakal Usung Format Baru di Season 4!

Rendy Lim
16/09/2021 11:28 WIB
Intel Grand Slam Mungkin Bakal Usung Format Baru di Season 4!
Gimana pendapat kalian Sobat Esports?

Intel Grand Slam Season 3 baru saja berakhir beberapa hari lalu lewat kemenangan Natus Vincere di ESL Pro League Season 14. Selain membawa pulang hadiah kompetisi, Na'Vi juga berhak atas uang 1 juta USD dari titel Intel Grand Slam. Namun, Tak lama setelah IGS Season 3 berakhir, pembicaraan tentang musim keempat sudah ramai didiskusikan oleh komunitas. 

Ikut meramaikan diskusi sekaligus memberikan gambaran, Michal Blicharz - VP Product Development dari ESL menyebut bahwa ada kemungkinan bahwa IGS Season 4 akan mengalami perubahan kriteria. Ini adalah beberapa alasan untuk perubahan format IGS yang disampaikan oleh Michal Blicharz di media sosialnya. 

Yamisok Nobar

Pertama, mulai dari waktu yang diperlukan untuk sebuah tim menyelesaikan syarat meraih titel Intel Grand Slam. Hingga saat ini, sudah ada 3 tim yang berhasil mendapat Intel Grand Slam yakni Astralis di musim pertama, disusul dengan Team Liquid saat season 2, dan Natus Vincere baru-baru ini. 

Dari keseluruhan 3 musim tersebut, Team Liquid hanya perlu 63 hari untuk mendapat Intel Grand Slam, sementara Astralis menyelesaikannya di 144 hari. Namun, Na'Vi perlu 765 hari atau sekitar 2 tahun hingga meraih Intel Grand Slam.

Menurut Michal Blicharz, format yang panjang di musim pertama dan ketiga hanya akan membuat para penonton bingung. Maka dari itu, perlu dilakukan perubahan dalam kriteria pemenang Intel Grand Slam. Tak lagi harus memenangakan 6 ESL Pro Tour (EPT) tournament dalam 10 events sebagai syarat, kini tim yang ingin mendapat Intel Grand Slam hanya perlu menjuarai 4 EPT tournament, termasuk salah satu EPT Championship event yakni IEM Katowice, IEM Cologne atau ESL CS:GO Major. 

Tak hanya perubahan kriteria, mereka yang sudah memiliki poin di IGS Season 3 akan mengalami pengulangan skor agar semua tim dapat memulai musim baru dengan adil. Jika format ini disetujui, tampaknya sistem baru Intel Grand Slam akan segera diterapkan pada turnamen-turnamen mendatang. Bagaimana pendapatmu sendiri Sobat Esports, setujukah dengan format baru ini?