Eksibisi PON Esports

Ini Cara Lokapala Bangun Ekosistem Esports & Kenalkan Budaya Indonesia

Billy Rifki
15/09/2021 00:33 WIB
Ini Cara Lokapala Bangun Ekosistem Esports & Kenalkan Budaya Indonesia
esports.id interview

Dalam press conference Piala Presiden Esports kemarin (14/9), turut hadir Co-Founder sekaligus COO Anantarupa Studios, Diana Paskarina. Anantarupa Studio merupakan pengembang dari game MOBA lokal, Lokapala. Kehadiran beliau terkait terpilihnya Lokapala sebagai salah satu cabang game di Piala Presiden Esports 2021.

Masih dengan misi mengembangkan game-game buatan developer asli Indonesia, Diana menilai Lokapala mengalami perkembangan signifikan dengan keterlibatan game tersebut di Piala Presiden Esports 2021 serta jadi cabor eksibisi esports di PON XX Papua. Meski ia ingin Lokapala berdaulat dan punya jumlah pemain yang banyak, Diana menganggap memiliki turnamen esports rutin berskala nasional bukan satu-satunya cara membangun ekosistem game yang kuat. Ia pun membeberkan program Lokapala di masa depan.

Yamisok Nobar

"Kalau menurut saya sendiri, esports itu tidak terbatas pada atlet lokalnya saja. Tapi berhubung kita sudah punya game esports-nya, kita ingin melibatkan produk di situ. Untuk kelangsungan kedepannya, kalau misalkan dibandingkan dengan game-game yang lain, tentunya pelaksanaan turnamen atau event-event esports nasional tidak selalu semua dari pengembang game-nya. Tentunya, kita selaku developer bersama publisher akan mempunyai program turnamen ataupun event-event lainnya untuk me-maintain player-player esports Lokapala" ucap Diana.

Selain itu, Diana ingin setiap event esports nasional turut memasukan Lokapala sebagai salah satu game yang dipertandingkan. Untuk membesarkan komunitas Lokapala sendiri, Diana berusaha untuk menembus pasar Asia Tenggara dengan harapan Lokapala bisa menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah turnamen Lokapala.

Dengan menggelar kompetisi yang melibatkan peserta dari luar Indonesia, ia yakin budaya dan kisah kepahlawanan yang diangkat Lokapala bisa lebih dikenal secara luas dan publik punya kebanggaan terhadap game buatan developer lokal.

Jadi ngga sabar nih menantikan event-event lain dari Lokapala. Tetap dukung game buatan asli Indonesia yah!