Tibold Targetkan Perak di Cabor Wild Rift Pria SEA Games 2021

Billy Rifki
02/03/2022 16:26 WIB
Tibold Targetkan Perak di Cabor Wild Rift Pria SEA Games 2021
esports.id interview

Pelatih tim Wild Rift Pria di pelatnas esports, Jeremy Triputro Yulianto alias Tibold menargetkan Indonesia dapat perak di SEA Games Vietnam 2021. Di hari pembukaan pelatnas kemarin, Esports.ID berbincang santai dengan Tibold mengenai kesan di pelatnas dan apa target dari tim Wild Rift Pria.

Tibold mengatakan timnya sebenarnya cuma menargetkan perunggu, tapi ia menyetel standar lebih tinggi untuk memotivasi para pemain agar mendapat perak di SEA Games nanti. "Target sih realistis perunggu, tapi gue aim sedikit lebih tinggi ke perak" ucapnya.

Di hari pertama ia hanya menyamakan visi dengan para pemain agar punya sepemahaman dalam latihan dan tujuan apa yang ingin dicapai dari tim pelatih. Tibold sendiri merupakan wajah lama di daftar pelatih timnas. Di tahun 2019, ia menukangi jabatan pelatih di dtimnas Mobile Legends dan berhasil mempersembahkan perak. Pengalamannya tersebut sangat membantu Tibold dalam mengarahkan tim barunya di pelatnas SEA Games kali ini.

Keyakinannya mendapat perak di SEA Games tahun ini bukan cuma ucapan semata. Dari hasil scrim dengan tim SEA seperti Vietnam, Tibold mengatakan skuad yang ia miliki mampu mengimbangi.

"Gue scrim sama tim kaya Vietnam gitu tuh imbang, ya kaya 40-45% lah masih. Cuma tipis kan bukan kaya susah menang. Dan itu lawan tim Vietnam nomer satunya yah" ucap Tibold.

Hal yang berbeda dari SEA Games tahun lalu dan sekarang menurut Tibold adalah tantangannya jauh ringan. Saat ia menjadi pelatih MLBB, banyak tekanan dalam pemilihan pemain terbaik untuk timnas. Proses pemilihannya juga tak mudah karena banyak pemain berkualitas dan rekomendasi dari para petinggi klub, netizen dan tentu preferensinya sendiri.

Sedangkan untuk Wild Rift, pemain yang ia naungi tak begitu banyak sehingga proses skoring pemain bisa lebih efektif. Ia pun berpendapat wajar bila staf pelatih di Mobile Legends ada banyak karena player pool di pelatnas juga melimpah.

Pelatih MLBB harus memilih 7 dari total 25 pemain yang ada di pelatnas. Sementara untuk Wild Rift pria, Tibold hanya menilai 10 pemain dan memilih tujuh sebagai pemain timnas Wild Rift Pria.