Kobo Kanaeru, VTuber Indonesia yang Akrab dengan Esports

Dandesignlab
17/11/2022 12:00 WIB
Kobo Kanaeru, VTuber Indonesia yang Akrab dengan Esports
Twitter

Dunia virtual yang semakin meluas, khususnya di Indonesia, saat ini telah menjadi sebuah media hiburan yang cukup digandrungi oleh komunitas tanah air. Para masyarakat pecinta Anime dan Cosplay sekarang cenderung mengikuti tren Virtual YouTuber (VTuber) yang dirasa lebih interaktif dan baru di tahun belakangan ini.

Tak hanya disukai oleh masyarakat muda, VTuber juga menjadi sebuah divisi anyar yang mulai diikuti oleh para organisasi esports besar seperti RRQ, Alter Ego Esports, Cloud9, TSM, dan Virtual eSports Project (VSPO!).

Para VTuber umumnya berguna sebagai talent yang dapat menggaet banyak pengikut baru lantaran keunikannya dalam berinteraksi, namun tak sedikit yang memiliki kemampuan bermain game layaknya pro player di beberapa game tertentu seperti APEX Legends, Wild Rift, dan DOTA 2.

Kobo Kanaeru Speedrun Subscribers di Tahun 2022

Kobo Kanaeru, sang VTuber unik dari Hololive cabang Indonesia telah sangat populer di pertengahan tahun 2022. Debut pada bulan Maret, VTuber berwarna biru ini berhasil speedrun pengikut di YouTube dan mencapai 1 juta subscribers hanya dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan yang menggeser seluruh seniornya di Indonesia.

Saat ini, Kobo telah memiliki 1.69 juta penggemar dan selalu ramai pemirsa dalam livestreamingnya.

Tak hanya sukses dalam menggandeng penggemar, VTuber yang kerap disapa Kobokan ini memiliki sebuah talenta yang baik dalam bernyanyi, bermain musik, hingga membuat lagu. Bahkan, ia dapat melakukan pemrograman dan gemar bermain game FPS, VALORANT.

Kobo Kanaeru Akrab dengan VALORANT Hingga Tim Esports!

Berbicara soal VALORANT, Kobo menjadikan game ini sebagai FPS nomor satunya di kanal pribadi miliknya. Ia sangat menyukai game besutan Riot ini dan sering membeli bundle skin anyar setiap kali terdapat update skin keren.

Kobo Kanaeru juga berhasil mencapai rank Gold dengan Agent andalannya, Chamber, yang selalu ia gunakan ketika bermain di livestream. Ia juga digemari oleh para pemirsanya sebagai "Rage Gamer" ketika dirinya sedang berteriak atau kesal ketika mati terbunuh oleh lawannya.

Namun tak hanya VALORANT yang ia mainkan, Kobo Kanaeru sering mengeksplorasi game kompetitif lainnya seperti Wild Rift, DOTA 2, dan Overwatch 2 yang baru-baru ini ia gandrungi.

Bahkan ketika dirinya bermain DOTA 2, Kobo ter-notice dan dikunjungi oleh sang runner-up The International 11 yaitu Team Secret di YouTube dan Twitternya.

Menyadari dirinya di posting oleh Team Secret di Twitter, Kobo terkejut dan bergurau dengan para penggemarnya bahwa ia adalah bagian dari Team Secret DOTA 2.

"Aku minta maaf, tapi aku sudah bersama Team Secret saat ini. Mungkin jika kontrak ku berakhir dengan Secret nanti, aku bisa bergabung Tundra tahun depan, mungkin." Gurau Kobo Kanaeru ketika bermain DOTA 2.

Dengan kepopulerannya saat ini, Kobo Kanaeru menjadi sebuah sosok besar di kancah per-VTuberan Indonesia dengan jumlah pengikutnya yang tinggi.

Tak heran jika organisasi esports saat ini mulai mendatangkan talent VTuber-nya seperti Alter Ego dengan Asamuri Mao & Nayi Tenshi nya untuk baru-baru ini.