Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Ping Merah di Wild Rift!

Dandesignlab
20/04/2022 12:37 WIB
Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Ping Merah di Wild Rift!
Esportsid

Lag merupakan musuh terbesar para gamer di seluruh dunia. Semua game online yang beroperasi dengan sistem jaringan pasti mengalami masalah latensi, baik itu MMORPG, MOBA, FPS atau game tim kompetitif lainnya, termasuk League of Legends: Wild Rift. Sebagai pemain yang baru atau sudah lama bermain game ini mungkin menghadapi masalah lagging akibat berbagai hal seperti area cakupan wilayah, status server, wi-fi, data seluler, dll. Tentunya, para pemain yang memiliki jiwa kompetitif pastilah sangat sebal jika harus mengalami lag atau koneksi buruk dikala push rank.

Nah, dalam artikel ini tim Esports ID akan memberikan tips untuk mengurangi masalah koneksi dan ping merah di Wild Rift! Penasaran gimana caranya? mari kita simak:

1. Sebelum Bermain, Cek Konektivitas Internet Terlebih Dahulu

Terkadang, Wi-Fi dapat berpotensi mengalami masalah konektivitas yang memengaruhi kelancaran bermain di Wild Rift, baik itu akibat traffic, menurunnya kapasitas speed, atau mungkin akibat gangguan cuaca buruk. Jadi, coba alihkan koneksi ke internet lain seperti 4G/data seluler dan login kembali ke Wild Rift. Jika cara tersebut tidak berhasil, mungkin sobat harus coba mengubah Internet Service Provider (ISP).

2. Pilih Server Terdekat

Memastikan memilih server terdekat merupakan cara yang logis secara umum. Sebagai contoh. jika sobat bermain di Indonesia, kalian bisa selalu pilih server SEA (Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam ) saja. Hal yang sama berlaku untuk EU (Eropa) NA (Amerika Utara), CIS (Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Kazakhstan, Kirghizstan, Moldavia, Uzbekistan, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, Georgia), Oseania (Australia dan wilayah sekitarnya), server Jepang dan MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara). Namun, jika sobat berada di wilayah yang terkunci ke server yang berbeda, sobat bisa dapat menghubungi pihak support Wild Rift di website atau forum.

3. Aktifkan Dual Channel Communication

Sama seperti Mobile Legends, fitur ini dapat mengalami masalah latensi akibat data seluler atau Wi-Fi yang loss secara acak. Komunikasi Dual-Channel ini telah diperkenalkan di Wild Rift untuk memastikan bahwa jika salah satu dari dua koneksi tersebut gagal, maka yang lain akan menyeimbangkannya. Ini juga dapat terhubung lebih cepat secara otomatis dari dua mode yang digunakan, sehingga sobat tidak perlu khawatir untuk memeriksa mode mana yang lebih cepat setiap saat. Berikut adalah bagaimana Anda dapat mulai menggunakan fitur ini:

  • Masuk ke Wild Rift
  • Buka Tab Settings
  • Ketuk opsi Other
  • Selanjutnya sobat akan melihat fitur Dual Channel Communication dan langsung dapat mengaktifkannya.

4. Non-Aktifkan VPN

Mungkin ada beberapa kasus pemain yang ingin bermain Wild Rift di wilayah yang berbeda. Biasanya, para pemain yang wilayahnya tidak tersedia selalu mencoba menyiasatinya dengan mengunduh dan menghubungkannya ke VPN (Virtual Private Network). Tetapi ini tidaklah menyelesaikan masalah. Menghubungkan VPN hanya membuat permainan menjadi lebih buruk bagi diri sendiri, atau bahkan semua orang yang terlibat dalam pertandingan. Pemain yang menggunakan VPN akan dipaksa menghadapi masalah ping yang tinggi, sementara pemain yang tidak menggunakan VPN di pertandingan yang sama juga mungkin mengalami sebuah masalah jaringan. Untuk mencegahnya, disarankan untuk bermain Wild Rift di wilayah yang tersedia sehingga sobat dapat bermain dengan ping serendah mungkin dan dengan lag yang minimal.

5. Periksa Konektivitas Wifi

Mayoritas pemain Wild Rift mungkin menggunakan layanan Wi-Fi untuk bermain. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa layanan ini terkadang bisa sangat menjengkelkan dalam beberapa waktu. Selain itu, Wi-Fi yang buruk menyebabkan koneksi yang lebih buruk. Dengan demikian, selalu pastikan Wi-Fi sobat sedang berfungsi dengan baik sebelum bermain. Jika tidak, coba restart router dan login kembali.

6. Bersihkan Cache/RAM dan Aplikasi Multi-Tasking

Disisi lain, lag juga dapat disebabkan akibat aplikasi yang menggunakan internet sedang berjalan secara bersamaan. Jadi, pastikan untuk membersihkan Cache/RAM ponsel sobat dan tutup aplikasi multi-tasking seperti sosial media ataupun yang lainnya. Ini dapat memastikan bahwa tidak ada aplikasi lain yang menggunakan koneksi internet sobat selain Wild Rift.

Nah itu dia tips memperbaiki masalah koneksi atau ping merah di Wild Rift versi Esports ID. Selain masalah yang terjadi secara fisik, buruknya jaringan di Wild Rift juga dapat diakibatkan dari server yang mungkin mengalami gangguan. Maka dari itu sobat bisa melakukan check disitus DownDetector terlebih dahulu seperti yang kami telah bahas di cara memperbaiki jaringan di Valorant.

Bagaimana menurutmu? silahkan dicoba dan happy gaming ya sobat!