Yamaha

Aman Dari Blokir, Wild Rift & Game Riot Lainnya Terdaftar di Kominfo

Billy Rifki
21/07/2022 13:00 WIB
Aman Dari Blokir, Wild Rift & Game Riot Lainnya Terdaftar di Kominfo
instagram

Tenggat pendaftaran aplikasi ke dalam sistem Kominfo berakhir 20 Juli lalu. Hampir sekitar 7000 total penyedia aplikasi digital telah masuk ke dalam database PSE. Beberapa game online juga turut mendaftarkan diri agar tidak diblokir oleh pemerintah.

Bila beberapa waktu lalu MLBB dan PUBG Mobile sudah terdaftar di PSE, per 20 Juli lalu game besutan Riot Games yakni League of Legends: Wild Rift, Valorant dan Legends of Runeterra sudah bisa ditemukan di halaman Kominfo.

PT Media Esports Indonesia

Ini jadi kabar baik bagi pecinta Wild Rift dan Valorant karena game mereka sudah aman.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) mewajibkan para pengembang aplikasi untuk mendaftarkan produknya pada Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Kalau penyedia aplikasi digital ini tidak mendaftarkan diri sesuai tenggat waktu 20 Juli 2022 mendatang, produk mereka terancam diblokir pemerintah.

Pemblokiran sendiri merupakan tindakan paling keras yang dilakukan pemerintah kepada penyedia platform digital bila tak mendaftarkan diri ke Kominfo.

Sebelum diblokir, pihak Kominfo akan memberikan peringatan, surat teguran sampai ke pemblokiran kalau tak ada niat mendaftarkan diri.

Beberapa aplikasi populer seperti Google, YouTube, Netflix sampai Whatsapp sempat diancam bakal diblokir pemerintah karena enggan masuk ke database PSE.

Untungnya situasi tersebut sudah selesai dan nama-nama aplikasi itu bisa kalian temukan di situs Kominfo.